Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Resep Tekwan, Makanan Khas Palembang

Resep Tekwan -Kuiner khas dari kawasan Palembang yang nikmat dan segar. Selain pempek juga ada teman masakan lezat lainnya yaitu tekwan. Secara kasap mata kalau dilihat, kuliner tekwan hampir ibarat bakso bening, namun sehabis dicoba tentunya rasanya berbeda.

Rasa tekwan sangat segar dan enak. Aroma rempah yang ada dikuah dan rasa ikan tengirinya sangat menggugah selera. Biasanya yang suka rasa pedas, niscaya menambah sambelnya cukup banyak dan itu menciptakan tekwan semakin lezat buat para pecinta hot. 

Biasanya tekwan dijadikan sebagai jajanan bukan sebagai kuliner pokok. Meskipun terlihat ibarat kuliner berat, namun bergotong-royong kurang mengenyangkan apalagi kalau makannya cuma sedikit hehe. Saya langsung ialah pecinta jajanan orisinil palembang, sehingga cari tahu rahasia-rahasia resepnya supaya tahu bagaimana menciptakan jajanan seenak itu.

Cara menciptakan tekwan sangat gampang meskipun bahannya macem-macem. Variasi materi sanggup kita sesuaikan dengan selera kita. penyajian tekwan juga cukup praktis, kalau anda sudah pernah menciptakan soto atau bakso niscaya sudah tidak merasa repot lagi dalam menyajikan segala jenis makanan.

Tekwan juga sangat cocok dijadikan sajian jajanan dalam program hajatan besar ibarat khitanan, nikahan, dll. Dapat juga anda jadikan sajian istimewa untuk program arisan-arisan atau hanya sebagai sajian istimewa di ahir pekan bersama keluarga dirumah.

Berikut ini kami akan menyajikan materi dan cara menciptakan tekwan khas palembang yang lezat dan nikmat serta segar gurih. Silahkan stay tune terus di zonamakan.blogspot.com kesayangan anda. Berikut Resep Tekwan yang sederhana dan gampang dibuat.

Kuiner khas dari kawasan Palembang yang nikmat dan segar Resep Tekwan, Kuliner Khas Palembang
Resep Tekwan

Bahan Tekwan :

  1. 5 butir kemiri
  2. 8 siung bawang merah
  3. 4 siung bawang putih
  4. bengkuang secukupnya (dipotong sedang, memanjang kaya kentang goreng)
  5. jamur kuping (direndam terlebih dahulu dg air panas)
  6. bumbu sedap malam
  7. kaldu udang
  8. bakso ikan tenggiri
  9. bihun (atau soun)

Bumbu Tekwan :

  1. lada putih, garam, dan gula secukupnya

Bahan Bakso Ikan (Tekwan) :

  1. 250 g fillet ikan tenggiri, haluskan
  2. 2 putih telur ayam
  3. 1 sdm garam
  4. 200 g tepung sagu, ayak

Cara Membuat Tekwan :

  1. Bakso Ikan : Campur ikan, putih telur, dan garam, uleni sampai licin. Masukkan tepung sagu bertahap sambil uleni sampai kalis. Didihkan air. Ambil 1 sdm adonan, bulatkan dengan tunjangan dua buah sendok teh. Masak sampai campuran matang dan terapung. Angkat. Tiriskan. 
  2. Tekwan Bakso : kemiri + bawang putih + bawang merah dicincang halus, atau di blender, kemudian di tumis sampe wangi. Tumisan tadi dimasukkan ke dalam rebusan kaldu, masukkan juga: sedap malam, jamur kuping yg sdh direndam, lada putih, gula pasir secukupnya (pengganti penyedap), garam, bakso ikan
  3. Sediakan mangkuk cantik, masukkan bihun yang sudah matang kemudian tuangkan tekwan bakso beserta kuah dan seluruh isinya. Sajikan dengan sambal, saus dan kecap sesuai selera anda.
Anda juga sanggup menambahkan taburan ikan asin yang dicincang halus diatasnya. Nikmati selagi hangat niscaya akan sangat nikmat. Demikian Resep Tempe Bacem salah satu masakan khas Yogyakarta rasanya manis gurih dan empuk. Silahkan mencobanya di dapur kesayangan anda. Simak terus sajian lengkap kami. Semoga bermanfaat